JATUH CINTA ITU......

JATUH CINTA ITU apa sih? bentuknya gimana? Rasanya apa? Bisa delivery order gak sist/ bro? Yakalik, cinta = makanan ._.

Sebagai manusia se-utuhnya, pasti kalian pernah kan ngerasain—jatuh cinta? Ya kalo belum ngerasain juga di atas umur 20-an, semoga abis baca blog gw langsung ngerasain #LAH. Gw gak bermaksut menggurui atau mengajari hal – hal soal dunia percintaan lho, bukan juga sekedar iseng nulis. Kata @falla_adinda sih; jangan percaya sama—gak bermaksut apa-apanya—orang yang hobi nulis. Oke fine! Gw kasih tau maksut gw nulis ini apa.
Jadi gaes, isi tulisan gw adalah sharing. Terlepas dari berbagai pengalaman gw, atau bisa jadi ini pernah juga lo alami. Bersiap ambil posisi ternyaman, tarik napaaaaaaaaaaaaaass… trus kentutin. UDAAAAH? Oke kalo udah, cekidot!


CINTA ~ BERTEPUK SEBELAH TANGAN

Pada suatu hari Ino ; panggilan sayang dari Ela—belahan jiwanya. Nama panjangnya sih Turino, biar imut jadi dipanggil Ino. Sama kayak Ela, itu panggilan gemes dari Ino dari nama panjangnya; Nurlela. Karna kalo pake panggilan pake kata depannya jadi gak enak; “TUR” sama “NUR”. Biar keren jadi panggilannya gitu.

Ela adalah belahan jiwanya Ino. Setiap hari Ino mikirin Ela. Rutin, se-rutin dia menuhin panggilan alam ke kamar mandi. Walaupun Ino lupa makan, tapi Ino gak lupa ngingetin Ela makan. Karna Cuma itu yang bisa dia lakuin, karna gak punya duit buat ngajakin makan bareng. Mau tidur yang dipikirin Ela, bangun tidur Ela lagi yang dipikirin. “ela kapan bayar utang gue ya?”. Apapun, kapanpun, dimanapun, sekalipun, ampun, Ino berusaha untuk selalu ada untuk Ela. Pas Ino lagi di pasar, sibuk dengan sendal jepitnya yang tiba – tiba berubah jadi cetakan kue; Ela butuh dia saat itu juga. walaupun Cuma ngasih tau caranya ngecek pulsa itu gimana. Ino rela dateng dengan kondisi pake sendal jepit sebelah ke rumah Ela! Gilak kan?

Jadi hari itu, Ino udah gak tahan lagi dengan perasaannya yang membuncah ke Ela. Udah sering Ino kasih kado, hadiah, souvenir, pamflet, brosur, apa aja udah dikasih sebagai kode dari segala perasaannya selama ini. Dia memutuskan untuk ‘menembak’ Ela. Dari mandi bunga, biar wangi. Pake deodorant sampe jempol. Baju yang disertika dari taun kemaren, sama nyemir sendal jepit kesayangannya. Semua itu demi terlihat sempurna di mata Ela. Sempurna tanpa cela.

Ino: “Ela, aku mau ngomong sesuatu. Boleh?”
Ela: “Enggak
Ino: GLEKK!! “aku pulang aja ya?”
Ela: “Kamu pulang aja sana. Ke sini aja, kamu tak jemput.”
(Ino lupa di saat yang gak tepat)
Ela: “yaudah ngomong aja, daritadi juga kamu ngomong sendiri”
(Ino lupa lagi, kalo dia suka ngomong sama rumput yang bergoyang)
Ino: “i-iiiyaa. Eum. Ela. A-Akk-ku. C-Ciin-tt-ta. K-Kkk-kamu.”
Ela: “AkuEnggak.KamuTerlaluBaikBuatAku”

Ino gagap. Ela lancar persis gak ada spasi. Tapi itu gak penting. Yang paling penting adalah…Cinta Ino ditolakkkkk!!!!! DUAARRR JELEGERRRRR!!! Hati Ino berasa disamber petir. Seketika itu juga Ino ke-fashback kenangan indah bersama Ela. Kenangan ketika mereka lagi bersama. Belajar bersama; tepatnya Ela yang belajar, Ino yang nyontek. Pulang bersama; Ela naek motor, Ino lari – lari ngejer asep knalpotnya. Banyak lah. Ino kecewa berat. Abis kejadian itu Ino jadi mikirin Ela dengan begini

Ela tega. Ela jahat. Ela kejam. Ela baik. Ela cakep. Ela manis. Ela keren.”

Setiap mau mikirin yang jelek – jelek, yang muncul abis itu malah yang baik – baik soal Ela. Gitu terus sampe gunung krakatau meletus.

Dari kejadian tadi. Gw bantu ambil hikmahnya yah. Si Ino emang tipe laki tulen sejati. Udah tulen, sejati pula. Ini lebai namanya. Tapi kalo gak lebai itu namanya bukan cinta. Nah kan, jadi baru namanya bener – bener cinta kalo kalian ngerasa lebai. Trust me, it works. Sama kayak yang Ino rasain. TAPIIIIII ada yang salah dengan sikap Ino. Dia menunjukkan segala sesuatunya sempurna tanpa cela. Ini yang mesti di delete di otak lo. Walaupun Ino udah selalu ada buat Ela, itu gak buat Ela luluh. Ela justru malah menganggap itu hal yang gak perlu untuk dilakuin. Alhasil—KamuTerlaluBaikBuatAku—keluar. Cinta bertepuk sebelah tangan. Sampe lo tua juga gak bunyi. Jadi kalo kalian nih udah ngerasa – ngerasa lagi jatuh cinta, berenti jadi sosok sempurna. Biasa aja kayak lo biasanya. kentut ya kentut aja, gak usah ditahan. Ngupil ya ngupil aja gak usah diumpetin nti makin dalem susah ngambilnya. Maksut gw gak nyuruh lo selalu kentut dan ngupil ya kalo lagi sama dia; maksut gw adalah kita adalah manusia yang punya kelebihan dan kekurangan. Tunjukin aja kekurangan lo, gak perlu malu apalagi gengsi. Kalo cinta itu bersambut, kekurangan lo bukan hal yang menakutkan. Melainkan akan menjadi hal yang sepatutnya dia lengkapi. Begitu sebaliknya. Dan gw yakin kalo lo udah nemu orangnya, lo lupa mau tepuk pake kedua tangan. Tapi kalo cinta tetap gak bersambut, yakinlah suatu hari orang yang lebih baik akan ada di sebelah kalian. Di pelaminan.

CINTA ~ Tapi LDR

Ino memutuskan untuk hijrah ke Mars, meninggalkan Ela di Bumi yang penuh dengan kepalsuan. Ino yakin, suatu saat dia akan kembali menemui Ela dengan membawa batu – batuan Mars sapa tau laku keras buat jadi bisnis cincin super gede. Dengan menyisakan satu, untuk disematkan di jari Ela. Jari Ela lentik, selentik jari Hulk. Ela sadar, Ino sedang berjuang mencari sesuap nasi. Walaupn di Mars Ino gak pernah makan nasi. Ela sadar, Ino yang jauh di sana akan merasakan hal yang sama dengan dia. Padahal pas Ela lagi mikirin Ino, Ino lagi mikirin nasi padang. Gitu terus. Setelah berabad – abad, mereka bertemu.

Ela: “Kok kamu makin jelek sih? aku pikir kamu makin ganteng.”
Ino: “kamu juga kok makin gemuk sih? aku pikir kamu langsingan.”
Ela dan Ino serentak: “KITA PUTUS!!!!!”

Jadi gaes. Dari kejadian tadi, terlihat bahwa diantara Ino dan Ela gak terjalin “komunikasi”. Di jaman kayak gini, seharusnya komunikasi berbobot udah jarang ditemui. Gimana gak, apa – apa udah ada sticker atau emot. Gak usah capek – capek ngetik apalagi kok sampe ngobrol. Ditambah pula jarang ketemu. Berasa hubungan itu lifeless. Karna nyawa dari suatu hubungan adalah komunikasi. Dan gaes, LDR emang gitu, entah salah satu atau keduanya akan secara sadar atau gak, akan menciptakan sosok orang yang dicintai sesuai dengan imajinasi diri sendiri. Apalah daya, ternyata kenyataannya ketika ketemu; sosok imajiner itu gak ada. GAK ADA. Dan disadari atau tidak, salah satu atau keduanya hanya jatuh cinta dengan ekspektasinya—sendiri. Bukan lagi membicarakan patah hati, tapi patah ekspektasi.

CINTA ~ atau JAGA BRANGKAS

Gak perlu suatu dialog atau pengandaian lagi kalo ini. Orang yang mencintai seharusnya membebaskan, bisa melepaskan. Tanpa kecewa. Orang yang kita cintai bukan brangkas. Walaupun ada kesamaan, sama – sama bernilai, berharga, dan penting sangat. Rasa seperti itu pasti akan diikuti dengan rasa takut kehilangan. Manusiawi. Tapi ada perbedaan yang jelas telak. Brangkas itu benda, dan orang yang kita cintai itu manusia. Gak ada kan kata;bendawi? Kalo kalian masih merasa mengekang orang yang menurut lo cinta itu, artinya lo keliru. Bukan perasaan, tapi sikap. Berenti nyalahin perasaan. Karna perasaan itu gak pernah minta lo rawat, tapi dia mau tumbuh kapan aja lo mau. Harusnya lo berterimakasih. Ketika orang yang lo cinta itu pengen main dengan temen – temennya, gak perlu lo tau dia ngapain aja. gak penting. Yang penting dia pulang gak larut malam. Ketika ada pesan baru masuk ke hpnya, itu privasi dia. Jangan dibuka apalagi diotak – atik. Gw adalah orang baru yang megang prinsip ini, Cuma percaya dengan apa yang dia lakuin di belakang gw. Alesannya simpel. Karna Tuhan MahaTahu.

Yakinlah. Membebaskan orang yang kita cintai itu gak akan membuat dia pergi. Apalagi meninggalkan. Jika memang benar dia pun sebaliknya, perlakuan lo akan dibayar dengan segudang kreativitas dan prestasi yang akan dia raih. Plus kebahagiaan. Itu kan yang lo mau? J

CINTA ~ tanpa KARENA

kamu cinta aku karna apa?” Ela nanya ke Ino sambil mainin kelereng.
karena apa yaaa?” Ino jawab sambil megangin sendal jepit Ela.
“APAAAAA?” Ela gak sabar!!
“karena apa ya? apa ya? apa ya? apa ya? apa ya?” Ino bingung sambil nyemilin sendal jepit Ela. Ela kesel. Dan pergi dengan sendal sebelah meninggalkan Ino sendiri.

Gak usah bingung, itu anugerah. Cinta tanpa karena. Yap! Kalo kalian masih suka kepikiran lo suka karna dia cakep, ganteng, pinter, kaya, putih, tinggi, keren. Ah itu semua akan berujung dengan perpisahan ketika lo udah bosan atau jenuh. Artinya apa? lo gak yakin sama diri sendiri. Atau Cuma penasaran. Ngakuuuuu? Gak perlu cari sosok sempurna untuk itu, gak perlu menjadi orang yang sempurna untuk dapetin itu. Cuma jadi kalian sendiri. Dan ketika lo udah ketemu dengan cinta tanpa karena, lo bisa jadi jadi diri sendiri sembari memperbaiki diri. Cinta tanpa karena—lo itu akan membuat semua hal baik di sekekeliling lo. Cinta tanpa karena—lo itu akan membuat lo gak jadi siapa-siapa kecuali lo sendiri. Cinta tanpa karena—lo akan membuat lo berhenti menyalahkan masa lalu lo sebelum dia, dan gak juga membenarkan masa depan lo dengan dia. Cinta tanpa karena—lo itu Cuma mencintai. Sesimpel itu.


Riana. 23 tahun. Terinspirasi dari kamu, cinta tanpa karena.

2 komentar:

  1. wah.. bagus2.. lucu dan absurd, betewe, tau ga sih, ketika kamu lagi jatuh cinta itu, banyak hormon2 yang bekerja secara ilmiah yg menyebabkan kamu jatuh cinta

    mau tau? baca sini
    http://www.dokterforamen.com/2015/01/jatuh-cinta-menjadi-fans-medical-talks.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih pak dokter cinta wkwkw okee meluncur

      Delete

kalo ada komentar yang bisa memunculkan amarah emosi jiwa raga nusa dan bangsa, jangan marah ya kalo dihapus. boleh juga tulis ide kalian untuk postingan berikutnya di sini.