Aku dan Bahari

Setiap orang pasti ingin berlibur ke tempat impian. Tujuannya tentu untuk menikmati keindahan semesta dengan mengunjungi berbagai destinasi alam yang berlimpah di muka bumi. Seharusnya kita berterima kasih kepada Tuhan mengenai betapa mempesona negeri kita tercinta ini. Kelimpahan wisata bahari Indonesia sungguh telak jika dibandingkan dengan negara lain. Berbekal pulau – pulau, suku dan budaya, hingga makanan khas daerah tertentu. Ah, kita rugi sekali jika kehilangan satu jengkal saja wilayah kita yang kaya ini. Ya, aku menyebutnya kaya. Bukan cuma Pantai Kuta di Bali, bukan hanya pulau Raja Ampat di ujung Papua, ada juga yang tak kalah menarik dengan pantai Merah Muda di Lombok. Semua yang disebutkan tadi tentu sudah sering terdengar di telinga. Tapi bagaimana dengan pantai Sulamadaha di Ternate? Tentu belum banyak orang yang tau meskipun sudah sering diulas oleh berbagai media online.


Pantai Sulamadaha berada di Desa Sulamadaha, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara yang masih kental dengan kesultanannya. Lalu, kenapa harus jauh – jauh ke sana jika tujuan hanya ke pantai? Pernah melihat beningnya kaca? Yap. Pantai ini menawarkan keindahan air sebening kaca, bahkan penduduk di sana menyebutnya Pantai Kaca. Wah saking jernihnya, seakan – akan perahu terlihat melayang di atas terumbu karang nan elok.


Selain itu, rute untuk ke sana juga mudah alias tidak terlalu melelahkan. Dari Jakarta dengan mengendarai pesawat bisa transit di Manado atau Makasar untuk bisa sampai ke Ternate. Dari pusat kota Ternate ke Desa Sulamadaha hanya menghabiskan waktu sekitar 1 jam. Nah, untuk ke lokasi pantainya hanya boleh ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10 menit. Aku menangkap kesan private di sana, karena pasti tidak ada kendaraan yang terparkir di pinggiran pantai. Selama perjalanan itu juga, kita disuguhkan dengan pemandangan tebing – tebing menjulang dan pohon – pohon yang rindang. Untuk yang senang mendaki gunung, jalanan agak menanjak seperti ini pasti menambah semangat untuk cepat sampai di pantai.

Ah, terbayar sudah. Airnya yang jernih dengan gradasi warna hijau dan biru, belum lagi di kelilingi tebing nan hijau. Harga tiket masuk, dan sewa berbagai fasilitas untuk diving, snorkeling, juga perahu sangat terjangkau. Satu lagi, karena pantai ini bentuknya seperti huruf U dan di kelilingi tebing, jadi kita tidak akan menemukan gelombang. Tenang. Asri dan tentunya bersih. Ditambah lagi dengan penduduk lokal yang ramah. Tidak perlu berangan – angan jauh ke luar negeri. Karena negara kita tercinta memiliki banyak pesona alam yang menakjubkan, atau mungkin saja hingga hari ini masih ada destinasi yang belum kita ketahui bagaimana keindahannya.

Rasanya kurang jika hanya menuliskan keindahan Pantai Sulamadaha hanya dalam 5 paragaraf ini. Jika suatu hari aku telah ada di sana, aku ingin tulisan ini menjadi pengantar tulisanku selanjutnya tentang salah satu panaroma alam kebanggaan Indonesia. Pantai Sulamadaha.

"Untuk siapapun dan dimanapun jangan pernah takut untuk bermimpi, karena impian adalah hak dari setiap manusia" @diTravelia





Tulisan ini aku sertakan dalam Blog Competition oleh @diTravelia #LombaDitravelia

13 komentar:

  1. waaah indah sekali.. benar-benar bening airnya, rasanya ingin aku minum :')

    ReplyDelete
  2. iyaaa someday kita harus ke sana :D

    ReplyDelete
  3. wah bagus nih, bolehlah kalo kapan kapan mampir kesana :D

    ReplyDelete
  4. woaa keren, ajak - ajak dong :D

    ReplyDelete
  5. Keren, eh salam kenal ya. Main ke Malang kalau ada waktu, pantainya gak kalah oke loh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya salam kenal :) pasirnya item ya disana?

      Delete
  6. WonderpuuLL.... indah banget udah sampai di alam mimpi aja nih keindahanya

    ReplyDelete
  7. Selamat ya kak riana, jadi pemenang di #LombaIdTravelia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makasih adik (lo manggil gue kakak sih) :D

      Delete
    2. ciye juara 3 ciyeeee :3

      Delete
  8. Selamat Mbak, menang juara kedua yak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak aku dapet urutan ke dua; makasih ucapannya :) oya buat yg sudah mau baca postingan gue semuanya makasih yaaaaaaaa :*

      Delete

kalo ada komentar yang bisa memunculkan amarah emosi jiwa raga nusa dan bangsa, jangan marah ya kalo dihapus. boleh juga tulis ide kalian untuk postingan berikutnya di sini.