Bob Sadino dengan Usahanya #1Day1Dream

Gue bilang beliau adalah Pengusaha Nyentrik. Di twitter beliau biasa dengan tagarnya yaitu #MerekaBilangSayaGila. Gue gak tau ini bakalan dimarah apa gak sama Om Bob (sapaan akrabnya) kalo tau gue bahas soal karyanya di sini. Se-tau gue sih, beliau adalah sosok yang ‘se-mau gue’. Makanya gue ijin dulu sama om Zainal Abidin, salah satu kerabat beliau, buat ngebahas om Bob di sini. Kenapa gak ke om Bob langsung? Ya karena beliau udah gak aktif lagi di twitter. Malah sempet kan denger ada yang bilang beliau udah meninggal*. Dih hoax kok segitunya ya. Eh tapi jujur, gue takut nanti kalau nanti di-sekak sama beliau kalo gak ijin. Hihi. Lebai. Gak ding, berhubung gue sama om Zainal udah temenan di twitter ya jadi ijin aja. Nih, gue kasih tau bocorannya; 


Hehe lega deh gue abis dibolehin. Jadi enak deh nih nulisnya. Kenapa sih segitunya sampe ijin segala? Wah ini sih buat gue penting soalnya beliau termasuk orang yang karyanya gak sembarangan bisa dicomot orang.

Bob Sadino lahir di  di Lampung, 9 Maret 1933. Beliau adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Beliau adalah pemilik jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Beliau adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Sewaktu orang tuanya meninggal, om Bob mewarisi seluruh harta kekayaan orang tuanya karena saudara kandungnya sudah dianggap mapan. Usianya kala itu masih 19 tahun. Harta itu kemudian beliau gunakan untuk berkeliling dunia. Nah, dalam perjalanan itu ia singgah di Belanda, hingga menetap di sana sampai kurang lebig 9 tahun. Nah ketika tinggal di sanalah beliau bertemu dengan cintanya, Ibu Soelami Soejoed. Eciyeee.

Di Belanda, om Bob bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam. Pada tahun 1967, om Bob dan keluarga kembali ke Indonesia dengan membawa 2 Mercedes miliknya. Satu dijual untuk beli tanah di Kemang, satu lagi di simpan. Gak selang berapa lama tinggal di Jakarta, om Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya. Tekadnya adalah beliau ingin kerja secara mandiri. Gak mau ribet dengan sistem apalagi aturan. Hemmm. Pekerjaan pertamanya adalah sopir mobil, mobil yang dipakai adalah mobil Mercedesnya itu. Namun sayang, akhirnya beliau berada dititik terendah karena sebuah musibah. Ya, musibah kecelakaan sehingga mobilnya rusak parah. Karena gak punya uang, akhirnya dari situ beliau berusaha bangkit dari kuli bangunan dengan gaji Rp. 100 sampe dengan usaha telur ayam negeri yang disarankan dari seorang teman. 

Waktu itu telur ayam negeri gak booming, analoginya dengan bisnis batu akik di jaman ini, bisnis om Bob dulu bagaikan batu kerikil. Hvft. Berjualan dari pintu ke pintu, karena dulu om Bob lah orang pertama yang memperkenalkan telur ayam negeri ini ke Indonesia. Sedikit demi sedikit ada hasil dari usahanya. Bahkan sampe bisnis telur ayamnya terkenal. Lalu om Bob melanjutkan usahanya dengan berjualan daging ayam. Gak berenti sampe di situ, beliau memulai usaha baru yaitu bisnis sayuran yang ditanem dengan sistem hidroponik. Wuih, om Bob ini pertanian banget deh. 

Sekarang? Jangan ditanya deh. Gih googling aja sekarang beliau ngapain. Hehe. Oke kalo bahas usahanya kayaknya gak abis – abis. Sekarang kita bahas karyanya aja. Om Bob ini pernah jadi motivator, diundang ke beberapa seminar kewirausahaan pastinya. Dulu waktu masih mau jadi pembicara di seminar – seminar, beliau juga cuek pake celana pendek. Kurang cuek apa coba? Sekarang beliau udah gak mau lagi dateng kalo diundang seminar. Yah, mungkin beliau punya alasan tersendiri, dan itu haknya. Oya, karyanya ya? Nih ada 2 buku karya beliau yang sekarang mesti pesen dulu sama Om Zainal baru deh bisa beli. Dan gak tau juga sekarang masih ada apa enggak. Fiuh. Soalnya udah gak ada di pasaran.



Gue kagum sama usahanya di bidang pertanian yang notabene ini background gue. Gue kagum sama semangatnya buat bangkit. Gue kagum sama sosoknya yang ceplas – ceplos tapi cerdas. Gue kagum sama keberaniannya buat anti-mainstream. Gue kagum karena beliau yang bilang 'kerja nikmat', diantara beribu orang yang bilang 'kerja keras'. Gue kagum karna sosoknya yang setia walaupun udah kaya istrinya tetep satu. Yang terakhir itu penting. hehehe.

Satu lagi,


Semoga menginspirasi.



----------
*tulisan ini sengaja gue edit, karena ternyata sekarang kabar itu nyata. Tulisan ini dibuat satu minggu sebelum om Bob pergi.  Gue gak bisa membiarkan tulisan ini tanpa catatan kaki yang gue sisipkan ini. Teruntuk semua orang yang membaca tulisan ini, gue akan sangat merasa berguna kalau setelah kalian membaca, bisa menyisakan waktu sejenak untuk mendoakan beliau. Semoga tenang dan di terima di sisi-NYA. Amiiiin.

11 komentar:

  1. Hebat juga yah Bob Sadino :)

    ReplyDelete
  2. tokoh idola saya ini mbak

    ReplyDelete
  3. Sebenernya sampe sekarang gua masih bingung, Om Bob ini sebenernya usahanya itu apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. -Pemilik Tunggal Kem Chicks (supermarket)

      -Dirut PT Boga Catur Rata -PT Kem Foods (pabrik sosis dan ham)

      -PT Kem Farms (kebun sayur). (Nrm)

      Delete
  4. Rest in peace bob sadino, terima kasih atas inspirasi yang anda berikan kepada kami para (calon) wirausahawan muda :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya adik :'( gue tadi udah sedih. Elu komen lagi, gue sedih lagi.

      Delete
    2. Iya adik :'( gue sedih lagi nih

      Delete
  5. selalu salut dengan cara berpikir om Bob

    ReplyDelete

kalo ada komentar yang bisa memunculkan amarah emosi jiwa raga nusa dan bangsa, jangan marah ya kalo dihapus. boleh juga tulis ide kalian untuk postingan berikutnya di sini.