Menghafal Asmaul Husna dan Juz ‘Amma – Prima #1Day1Dream

Seperti hari sebelumnya, kali ini gue akan menuliskan kembali mimpi dari salah satu peserta blogging project ini yaitu MenghafalAsmaul Husna dan Juz ‘Amma #1Day1Dream. Dan mimpi itu datang dari seorang Primadita Rahma, anggota Kancut Keblenger region Yogyakarta. Jauh ye…kalo dari Lampung. Gue mention akun twitter-nya (@primaditarahma) tapi belum di bales. Manggilnya Prima aja deh ya, maaf ya Prima kalo panggilan gue gak sreg. Gue ikutin aja yang ada di blog. Hihi. Oke gaes, melihat dari judulnya aja kita udah tau ini mimpi sungguh sangat mulia banget sekali. Lebai banget ketikan gue barusan. Oke langsung aja ya gue tulisin gimana dan kenapa sih Prima sampe punya mimpi ini? 


Awalnya sih mimpi Prima ini disponsori oleh resolusinya di tahun 2014 yang katanya baru 10% tercapai. Duh, agak berat ya. Mungkin karena ini juga dia jadi makin termotivasi supaya bisa mencapai mimpinya. Oke gue mulai sok tau. Alasan lain adalah karena orang tua yang selalu memberikan dukungan sekaligus contoh supaya bisa menghafalkan Asmaul husna dan Juz ‘Amma.

Prima ini sudah punya trik menghafal loh, nah ini tips yang bagus nih buat kalian termasuk gue sendiri. Jadi untuk Asmaul husna supaya tetap bisa dihafalkan (mengingat jumlahnya ada 99), Prima diajarkan oleh mamanya nih caranya dibaca saat berdzikir lepas sholat. Tapi harus beda – beda tiap sholat, supaya semua bisa terus dilantunkan. Ih, tjakep banget nih caranya. Dan dengan cara ini si Prima ini dalam setahun baru hafal beberapa aja untuk arti dan maknanya. Emm..menurut gue itu dah keren loh. Daripada gak sama sekali. Nah alasan dia menghafal Asmaul husna ini adalah untuk mengenal Alloh. Tau kan pepatah ‘Tak kenal maka tak sayang’. Nah, salah satu cara supaya mengenal Alloh ya dari namanya. Itu, alasan Prima.

Untuk juz ‘amma-nya juga dia punya triknya loh. Jadi, jadwalnya gini setiap seni – rabu mengaji setelah sholat maghrib, baca satu surat berulang kali. Kemudian Kamis – Jumat coba buat menghafal, dan hari sabtu biasanya sudah hafal. Asal rajin pasti bisa. Cuma yah terkadang kita menyadari kalo rasa malas itu memang kejam ya sodara – sodara. Alasan Prima menghafal itu karena dia pengen punya anak hafidz. Bener juga sih ya, gimana mau hafidz kalo emaknye kagak hafal -_-

Kalo menurut gue sih ya, mimpi Prima ini termasuk kedalam resolusi tahun 2015 gue. Gimana gak, gue sharing sedikit ya Prima. Gue kan suka ngajarin adik – adik nih ya. Dulu waktu mereka masih piyik gue hajar tuh pelajaran hafalan. Karena emang agak susah kalo udah gede baru menghafal. Otak udah penuh sama hal – hal dunia. Eh, sekarang yang paling sulung udah mau ngebalap gue hafalannya. Gue tuh juz amma tinggal 5 surat lagi, sekarang dia 8 surat lagi. Nah kan malu kan gue sebagai kakak pengajar. Kalo Prima bilang sih, dia butuh saingan buat menghafal. Apa sama gue aja yok saingannya? Haha. Win – win solution. 
Nah kalo saran dari gue sih, coba kamu masukin surat pendek di handphone. Kalao gue sih kasih cara buat adik – adik gini, kalo cewek kadang pengen hafalin tapi kan gak bisa karena lagi haid. Jadi caranya dengerin aja di handphone, lama – lama inget kalo diulang – ulang. Coba deh.

Nah kalo untuk Asmaul husna, gue juga mau sharing nih. Gue ajak adik – adik ngaji untuk buat kaligrafi dari Asmaul husna beserta artinya. Setelah gue ponten (elah bahasa gue jadul banget yak), habis itu gue tempel deh di tempat yang mudah di lihat. Biar adik – adik bisa baca setiap hari. Jadi mereka inget apa aja yang udah di tulis. Selain menghafal juga bisa ngelatih tangan mereka untuk menulis arab. Kalo Prima mau coba mungkin bisa membantu nih. Hehe.

Buat temen – temen yang lagi berusaha dan bermimpi kayak gue sama Prima mungkin kalo udah punya cara yang tokcer, bisa kasih masukan di comment box. Oke segitu aja yah dari gue, semoga bermanfaat.



Terima kasih, Prima.

13 komentar:

  1. Pengalaman dalam menghafal juz 'amma dulu, ngafalinnya per ayat. Jadi kalau udah hafal, baru tambah satu ayat lagi. Terus kayak gitu, dua jam pasti kelar. Asal fokus. ^^ Kalau udah terbiasa, dua jam itu bisa hafal se-halaman. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gitu kalo adik - adik gue, kadang suka gue kasih timer per 5 ayat kasih 10 menit ^^

      Delete
    2. hihi semoga lancar yak? Kalau asmaul husna biasanya kalau pakai nadzoman lebih cepet hafalannya. ^^

      Delete
    3. oh yaa? hihi Amiiinnn semoga bisa di hafal pelan - pelan

      Delete
  2. Ngapalin asmaul huzna itu paling enak+gampang . . dinyanyiin . . dulu tu metode diajarin sutadz gue waktu masih di TPQ . .
    Hasilnya keren lohh . . udah sempet hapal 25 lafaz dalam satu minggu . .

    Eee sekarang, udah lulus TPQ .. sirna sudah hapalannya . . *miris*

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak pernah diajarin pake lagu duluuuu hiks wah sedih deh coba kalo di dengerin lagi pasti bisa hafal

      Delete
  3. Keren-keren. Kalo generasi muda kita kayak mbak Riana Maulida semua, bangsa ini bakal lebih baik.
    Semangat mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa jangan gitu ah jadi malu nih hahaha :D iya ini udah semangat banget hihi

      Delete
  4. super sekali mbak Riana, bolehlah saya tiru triknya, sapa tau bisa hafal 99 Amaul Husna..

    ReplyDelete
  5. Gue coba deh pelan-pelan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo kata orang jawa ada pepatah gini 'alon - alon asal kelakon' :D

      Delete
  6. Dulu gua ngapalin asmaul husna dengan metode dengerin suara para ikhwan yang direkam dan dijadikan mp3, mereka acapella. Alhasil gua cepet hapal dan bisa nyetor tugas hafalan ke guru #lah
    sekarang juga insyaAllah masih hafal sih.

    ReplyDelete

kalo ada komentar yang bisa memunculkan amarah emosi jiwa raga nusa dan bangsa, jangan marah ya kalo dihapus. boleh juga tulis ide kalian untuk postingan berikutnya di sini.