Transformasi Neng Singkong ke Neng Combro #1Day1Dream

Tadinya gue mau menuliskan cita – cita gue yaitu menjadi titisan Farah Quin. Tapi berhubung kayaknya gue gak seksi, gak eksotis, gak jago masak pula maka niat itu gue urungkan. Padahal gue tuh beneran pengen punya mimpi ‘bisa masak apa aja’. Contohnya nih, gue pengen masak batu terus berubah jadi pizza. Gue juga melirik skill memasak gue kayak apa. Dulu waktu masih kecil, masak mie instan aja gue mesti bolak – balik 10 kali buat nanya ke Ebo bener apa gak caranya gitu. Gue gak nyangka kalo kelemahan gue itu ikut tumbuh seiring gue dewasa. Kadang telor dadar gue berubah jadi garem di goreng. Kadang juga, sayur katuk gue persis rasa daon dicelupin ke air. Dan yang bikin heran adalah kalo gue masak bukan di rumah, masakan gue enak. Mungkin alat – alat masak di rumah gue itu gak suka kalo gue yang nyentuh ya. Entah lah.

Neng singkong adalah sebutan gue dari temen – temen sekelas pas SMA. Kenapa singkong? Karena dulu getuk buatan tangan Ebo khusus untuk teman – teman di kelas seketika raib waktu musim razia di kelas. Tersangkanya adalah guru Fisika dan guru Kimia gue sendiri. Dengan terpaksa gue meng-iya-kan semua perkataan guru – guru gue untuk memakan getuk – getuk yang gak berdosa itu. Akhirnya kabar itu menyebar luas di kantor maupun di kelas. Alesannya karena di samping rumah gue ada kebon singkong. Jadilah dipanggil ‘Neng Singkong’. Gue mah orangnya selow, dari situ gue kuping kebiasa denger kata ‘nang-neng-nang-neng’.

 Sumber wikiresep.com

Oke balik ke judul. Kalian tau combro? Iya. Ini salah satu olahan dari singkong yang dalemnya diisi dengan tumisan oncom. Dan combro adalah satu – satunya makanan yang pertama kali gue buat sendiri dan hasilnya endes gulindes. Combro pertamax gue buat sewaktu KKN, kala itu gue buat untuk sajian berbuka puasa. Sekalian mau bales kirim makanan ke tetangga juga sih. Soalnya gak enak, udah berkali – kali dikirimin makanan. Gue harus turun tangan karna temen sekamar gue; namanya Merta, skill memasaknya ada dibawah gue. Dia ngupas bawang aja mewek gak berenti – berenti. Fiuh. Karena kebetulan di rumah Mbah (induk semang gue) ada pohon singkong dan ada tanaman kucai, ide brilian buat bikin combro muncul. HA HA. 

Berbekal isi sms Ebo, gue sok jadi chef. Waktu itu kan puasa, gak boleh lah mau nyicip. Gak tau itu rasanya kayak apa, gue beraniin aja ngasih tetangga. Mana satu piring penuh lagi. Eh pas banget ada yang gak puasa di rumah tetangga gue, langsung aja gue saranin untuk dicicip. Gue bilang dulu kalo itu combro gue yang pertama. Dan JENG JENG, katanya enak!! Gue loncat – loncat dong saking senengnya. Merta sama Mbah juga bilang hal yang sama. Dan setelah gue cicip, itu emang enak banget. Rasanya renyah, garing, gurih, pedes—nya itu PAS. Sampe gak nyangka kalo itu gue yang buat. HA HA.

Gue gede pala deh sambil bergumam;

“di sini seni memasak gue nih, di singkong sama oncom”

Makanya pengen deh suatu hari nanti gue buka usaha namanya ‘Neng Combro’. Kalo orang – orang bisnisin makanan yang keren – keren, gue pengen makanan yang tradisional deh. Biar itung – itung melestarikan budaya Indonesia. Apasih. Ih gak kebayang deh gue mau nulis soal combro di blog. Tantangan #1Day1Dream dari @KancutKeblenger ini lama – lama bisa membuka semua keinginan absurd gue nih :D

10 komentar:

  1. Sini belajar masak ama gueeee aahaahah #sombong. Hobi gue masak saay, jadi udah biasa dan di rumah memang gue yang masak. Ahihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. waa masa' sih? gratis ya belajarnya? wkwkw

      Delete
  2. Ihhhhhh mknan fav Ku.apalagi kalo pedesnya tingkat dewaa ^o^ ..

    Pesen bisa :D ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi bisa kok bisa. Tapi ambil sendiri ke rumah ya :D

      Delete
  3. goodluck deh "neng combro" nya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya kalo aku berhasil sama mimpiku ini, harus order ya ^.^

      Delete
  4. wah, Neng Combro ala Chef Riana, kirim dong 1 combronya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bentar ini burung merpatinya lagi sarapan hahaha tunggu aja ya :D

      Delete
  5. okelah neng, pesen yang pedes ya 1 aja kirim lewat jne atau tiki ya *kebantinghargapengiriman

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha iya tenang aja free ongkir kok wkwk

      Delete

kalo ada komentar yang bisa memunculkan amarah emosi jiwa raga nusa dan bangsa, jangan marah ya kalo dihapus. boleh juga tulis ide kalian untuk postingan berikutnya di sini.