Kalian Mikirin Ini Juga Gak Sih?

Pernah gak sih terlintas gitu dibenak kalian, kenapa akhir - akhir ini banyak banget berita - berita yang tayang di tipi, yang nongkrong di koran, yang lewat di timeline isinya hampir tindak kejahatan semua? Gue sampe baca jurnal karena saking penasarannya. Iya, beneran baca jurnal. Mungkin kalo ibarat gunung, masyarakat Indonesia udah ada di status waspada. Belum lagi sekarang lagi santer banget tentang begal. Duh, Indonesiaku :'(

Sebenernya bukan mau bermaksud mengangkat tema ini, lalu membuat kalian berpikir hal yang sama. Bukan itu goal-nya. Coba deh bayangkan aja di tahun 2012 terjadi satu kejahatan setiap 91 detik sekali (sumber di sini). Bayangin, jadi setiap satu menit 31 detik ada satu kejahatan entah itu pembunuhan atau perampokan atau yang lain. Sekarang sudah tahun 2015 dan tingkat kejahatan semakin meningkat. Entah deh, mungkin udah 30 detik sekali atau 10 detik sekali. Gak tau gue. 

Gak usah bahas Amerika Serikat yang katanya tingkat kejahatannya nomor satu di dunia, atau bahas 9 negara lain seperti Irak, Kolombia, Somalia, Afghanistan, Antartika, Burundi, Afrika Selatan, Brazil, Rusia, atau negara lain yang terkenal dengan tingkat kejahatannya (baca ini). Di Indonesia pun sudah makin meraja lela. Di negara yang terkenal cinta damai (katanya), rakyatnya bisa saling bunuh, saling tembak, saling bully, saling benci satu sama lain. Kesenjangan sosial makin melebar kemana - mana, gaya hedonisme yang sudah jadi lifestyle, dunia hiburan yang jauh dari pendidikan, norma masyarakat yang luntur kebawa perkembangan global, dan tingkat kepercayaan sesama manusia udah langka.

Entah nulis apa gue barusan deh ah. Pokoknya itu yang ada dipikiran gue ya gaes. Coba deh setelah itu gimana potret Indonesia ke depan kalo sumber daya manusianya aja udah tega mau jahat - jahatan, tega mau bunuh - bunuhan. Haduh, padahal kan kalo motifnya karena kebencian kan tinggal saling memaafkan aja kok susah bener. Kata Mamah Dedeh, gak boleh sombong dengan kesalahan orang lain. Kita pun manusia, tempatnya salah. Ya gak? Dan kalo motifnya ekonomi, karena biasanya selaras dengan jumlah pengangguran juga sih. Jangan jadi beban gitu loh, gue yang pernah nganggur juga selow aja. Gali aja potensi diri, gak usah lah mau cepet dapet duit trus ngebegal orang. Ye kan?

Makanya nih gaes, buat semua yang mampir di blog gue; coba sedikit lihat Indonesia kita. Kalo kata traveller, Indonesia tuh super keren alamnya. Tapi dinamika sosialnya gak sekeren alam yang kita punya. Perlu kewaspadaan, perlu pendidikan, perlu peraturan, perlu kesadaran, perlu kepercayaan, perlu kesehatan, perlu inovasi, dan perlu generasi penerus yang membanggakan. 

Mungkin masih terlalu sempit yang gue lihat lalu jadilah tulisan ini, tapi kasus kejahatan juga bisa sesempit alasan diselingkuhin pacar. Udah gak ngerti lagi gue deh ah. Daripada makin pusing, mending udahan aja nulisnya. Yang penting di setiap diri kita sudah tertanam jiwa kebaikan, jiwa memaafkan yang luar biasa besarnya. Gak perlu jauh - jauh untuk Indonesia, cukup untuk diri kalian sendiri aja. 

:)


Riana. 23 Tahun. Lagi waras.

20 komentar:

  1. gak kepikiran sampe situ, yang gw pikirin seh cuma yang nulis ini deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haish lu mah pertamax deh malah gitu komennya

      Delete
    2. Haish lu mah pertamax deh malah gitu komennya

      Delete
  2. header nya cantik! Mau dooong dibuat kan hihiii #gagal fokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha itu ngambil dari salah satu aplikasi kok kak haha

      Delete
  3. Yuk kita mulai dari diri sendiri mak lalu sebarkan energi positif yg kita punya ke org terdekat dan sekitar kita,
    Semangaaatttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Hari gini energi negatif lebih banyak membius orang2 yah :" ketimbang yg positif.

      Delete
  4. sayang banget ya mbak,apalagi di kota2 besar...tiap waktu ada aja kejahatan.
    salam kenal^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kalo di film dibuat superhero, itu karena khayalan sudah jadi harapan. Pingin hidup damai :"

      Delete
  5. Iya sekarang makin gak aman, apalagi di Jakarta bawaan curiga aja sama orang-orang di jalan.
    Bener alam Indonesia itu indah, tapi banyak yang gak terawat :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Sistemnya juga gak terawat sih di negara kita :)

      Delete
  6. Alam Indonesia keren, tapi terlalu mahal biaya buat ngunjungin salah satunya. Belom lagi minimnya fasilitas dan scammer ngga jelas. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haahhahaha kalo itu kan prinsipnya no pain no gain. Kadang fasilitas bagus. Tapi ga dirawat :)

      Delete
  7. Positif aja... Hanya tuhan yang tau.

    ReplyDelete
  8. Apapun itu sudah selayaknya untuk tetap berpikiran positif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih iya dik. Percaya sih iya sih. Aakkakaka

      Delete
    2. Iya sih iya dik. Percaya sih iya sih. Aakkakaka

      Delete
  9. kalo ingin ad org baik orang jahat juga harus ad, keseimbangn harus terjaga.

    ReplyDelete
  10. keren lho mbak, salam kenal dari KBL

    ReplyDelete

kalo ada komentar yang bisa memunculkan amarah emosi jiwa raga nusa dan bangsa, jangan marah ya kalo dihapus. boleh juga tulis ide kalian untuk postingan berikutnya di sini.