Buat Kamu yang Pengen Nikah

"Ciye kondangan terus, kapan dikondangin?"


Kalimat diatas udah pasti menggelitik sekumpulan manusia yang berusia 24 tahun ke atas. Gue akui, satu tahun lalu beneran deh gue pingin banget cepet - cepet nikah kalo abis pulang kondangan. HAHA! Rasanya tuh gimana ya kalo ngeliat kedua mempelai di pelaminan, senyumnya tuh bahagia banget. Eh ga berenti sampe situ aja, ngeliat di sosmed pada pajang poto sama istri atau suami. Mauuuuuuu :( 

*muka pengen*


Oke. Oke. 
Tapi seiring berjalannya waktu, ternyata menikah bukanlah satu hal yang bisa dengan mudah didapatkan. Ada tahapan - tahapan yang seyogyanya 'harus' dilewati, ada fase - fase yang mungkin datang sebagai cobaan atau bahkan menghambat. Apalagi yang niatnya sih udah menggebu - gebu nih, tapi sampai sekarang calonnya gak ada. Eh, ADA KOK. Cuma mungkin dia lagi sibuk lembur buat nabung buat biaya nikah yang banyak buanget itu. hehe.

Berhubung kebetulan gue sebulan lebih dikit lagi mau nikah, mungkin ada hal - hal yang harus gue bagi buat kamu yang pengen nikah. Persiapan - persiapan apa aja yang seharusnya dilakukan, apa aja yang mesti dikerjakan. Yuuukk mareee :))))))

Hal yang paling pertama adalah MELAMAR.

Acara lamaran itu sakral. Bukan sekedar dateng ke rumah, terus ngomong ke orang tua terus urusan beres lalu besok nikah. HELLLLAAAAAUUUU. Enak amat. Tata cara melamar memang ada untuk ngomong langsung ke orang tua perempuan tapi itu kalo PASTI DIPENUHI. Yang perempuan juga jangan kesenengan dulu kalo dia cuma bilang;

"Nanti aku ke rumah, buat ngomong sama orang tua kamu"
"Tadi aku dah ngobrol sama Bapak kamu soal hubungan kita"

T to the A to the I. Jelasin sejelas - jelasnya, apa yang dibicarakan. Apalagi yang suka janji - janji doang. Tempe bener sih? Buat yang laki nih gue kasih saran mending ngomong begitu ke orang tua perempuan pas satu atau dua minggu sebelum melamar. Pastikan yang mau 'dibawa' ke rumah perempuan itu udah siap. Bila perlu pas beli cincin lamarannya, perempuannya diajak biar gak kegedean. Gitu. Oya kalau bisa lamaran dilaksanakan 5 atau 6 bulan sebelum hari H ya!

Tentukan Hari H.

Boleh pas sekalian acara lamaran berlangsung, jadi para keluarga dan kerabat serta tetangga pas berkumpul biar banyak saksi kalo ente dah dilamar dan sudah melamar orang. Udah gak bisa lagi maen ajak perempuan atau laki - laki sekedar boncengan atau pergi bareng seenaknya. Karena udah banyak saksi yang liat dan tau kalo kamu mau nikah. Malu euy sama orang. Kalo hari H sudah ditentukan maka udah terjawab sudah satu pertanyaan yang paling menjengkelkan sedunia yaitu kapan nikah? 


Tentukan Lokasi.

Mau nikah di KUA yang gratis? boleh. Mau di rumah biar enak kumpul keluarganya? boleh. Mau di gedung biar rumah gak berantakan? boleh. Boleh semua, yang gak boleh tuh nikah di planet Namek. Susah nanti mau kondangannya. 

Oya, buat yang mau nikah di gedung khususnya di Lampung ada banyak pilihan. Berhubung gue gak jadi nikah di gedung maka gak bisa ngasih kejelasan lengkap tentang harga ataupun fasilitas yang diberikan. 

Cari Catering/ Ibu panggung.

Makanan itu yang terpenting. Harus sudah punya referensi kira - kira mau pakai jasa catering atau ibu panggung. Mungkin untuk yang lokasi nikahnya di gedung bisa pakai catering. Tapi kalau yang nikahnya di rumah kayak gue mending pakai jasa ibu panggung aja. Biar semua masakan ada yang handle, kita gak usah pusing mikirin bawang abis, merica abis, dll karena sudah ada yang bertanggung jawab. Kalau di rumah pakai jasa catering menurut gue agak kurang pas aja kalau saudara yang datang gak bisa diprediksi berapa jumlahnya. Apalagi yang jauh - jauh datang dari pulau seberang misalnya. Kalau pakai jasa ibu panggung, kemungkinan untuk ada kelebihan makanan itu besar. So, bisa buat bawain saudara - saudara yang sudah rela datang jauh - jauh :))))

Gue memakai jasa ibu panggung (bu Nanik/alamatnya di dekat Bumi Kedaton) pake jasa beliau karena nyokap emang pernah merasakan sendiri gimana hasil racikan tangannya. Sedangkan untuk acara unduh mantu, kita pakai jasa ibu panggung juga (Mak Par/alamatnya di jalan Melati Kemiling) pake jasa beliau karena gue sama calon suami ngerasain sendiri pas kondangan di tempat salah satu teman baik. Rasanya enak! Untuk CP boleh hubungin eke langsung deh!

Cari Tenda, Dekorasi, dan Make Up Artist

Ternyata kebanyakan di Lampung, tenda dan dekorasi itu terpisah. Sedangan dekorasi dan MUA itu kebanyakan menyatu. Gue juga baru paham. Tapi ada juga yang menyediakan sepaket dengan harga yang menurut gue agak sayang aja deh. Tapi kalau gak mau ribet dan ga ada waktu untuk nyari satu - satu dan duitnya ada, gak masalah. Cuma menurut gue nih, biaya nikah itu berapa aja pasti habis. Kalau mau ngikutin apa yang ada pasti ya kurang terus. So, gue sendiri memutuskan untuk mencari satu persatu baik tenda, dekorasi, dan MUA.  Gue sendiri pake utumakeup yang super lembut nge-touchnya. Gahul banget pokoknya baik hati, rajin menabung. Biayanya lebih hemat. Sedangkan untuk unduh mantu, gue cari yang sepaket tapi tetep minta diskon. Ga usah malu - malu minta diskon, halal kok tawar menawar itu. Tapi dalam kewajaran ya!


Cari Fotografer dan Videografer Profesional.

Saran aja, percuma you punya MUA bagus kalo fotografer ga bagus. Percuma make up paripurna kalo hasilnya apa adanya dan editannya maksa. Kulit laki ma perempuan emang beda, apalagi gue yang kayak kopi susu. Beneran takut banget hasilnya jelek karena buat gue sisa - sisa acara nikahan itu yang didapet ya cuma foto sama video. Yang cuma bisa dipamerin ke anak - anak yang cuma foto dan video. Kalo itu hasilnya ga bagus ya ampun sayang amat sik. Buat fotografer gue pake jasa Mas Fahmi 

Budget untuk fotografer dan videografer profesional semuanya diatas 5 yuta dengan album hardcover + album biasa untuk satu hari H. Karena gue ambil borongan untuk akad, resepsi, plus unduh mantu maka gue dapet bonus prewedding! Make up nya juga gratis! HAHAHAHA rejeki! Btw ternyata abang videografernya adalah kakak kelas gue di SMA dan temen sekolah calon gue di SMP. Sempit emang Lampung nih :)))

Untuk hasil fotonya nanti ya soalnya belom diedit dan dipilih - pilih. Untuk CP bisa hubungin eke langsung gais. 

Buat Undangan.

Nah, ini rejekinya punya sahabat yang bapaknya bisnis di bidang percetakan. Enak broh dijamin pelayanannya memuaskan dan ramah kok. Masalah kualitas udah terjamin. Yang mau kontaknya nanti eke kasih :)))

Oya, karena gue punya keterbatasan untuk ngasih undangan dalam bentuk fisik. Maka sebagian temen - temen gue nanti bakalan gue undang lewat website aja atau video invitation yang udah dibuatin sama babang ipung videografer yang baik hati. hehehe. Kebanyakan temen - temen juga pada di luar Lampung. Sedangkan gue kalo mau kasih dalam bentuk fisik kaga boleh bawa motor di jalanan ibukota -______- 

Undangan lewat website ini gratis kok dan buatnya gampang. Masuk aja ke url nikah.co.id. Gue juga dikasih tau sama sahabat baik yang udah resmi jadi istri orang. heu.



2 komentar:

  1. Pas banget nih tulisannya, baru bebrapa hari yang lalu ada keluargaku yg mau nikah, gini dah runtut. Pas lamaran itu sekampung dateng dan dia bawa banyak barang termasuk cincin dll. Kebetulan aku tukang fotonya 😂

    ReplyDelete
  2. Jadi teringat waktu Persiapan mau nikah dulu..penuh dengan perjuangan

    ReplyDelete

kalo ada komentar yang bisa memunculkan amarah emosi jiwa raga nusa dan bangsa, jangan marah ya kalo dihapus. boleh juga tulis ide kalian untuk postingan berikutnya di sini.