Yang lucu saat hamil

Entah lagi kesambet apa nih tiba-tiba pengen banget nulis soal kehamilan. Sejujurnya udah pengen banget berbagi informasi soal kehamilan pada saat hamil, cuma ya namanya ibu hamil tau sendiri deh gimana rasanya kalo lagi moodswing. ehe. Akhirnya sampailah tulisan ini ketika anak sudah berumur 10 bulan 😂

perut gendut

Kalo ada yang nanya gimana rasanya hamil, jujur deh ini sekarang udah lupa. Tapi, masih inget banget hal - hal yang dulu dirasa nyebelin namun sekarang jadi lucu. Apa aja?

1. SERING KENTUT

Gw termasuk orang yang jarang kentut waktu gadis. Jadi kalo gak ada panggilan alam, ya hampir ga kentut. Gw pun masuk ke #AntiKentutBunyiClub. Udah jarang, ditambah kentutnya pake mode silent. Ena banget kan buat diajak kerjasama wkwk. TAPI itu cuma waktu gadis saja sodara-sodara. Waktu hamil, kentut jadi sering dan bunyi 😭 Sempet kaget sendiri kok gw kentut jadi bunyi gini yak. Siapa ini yang ganti mode silent jadi mode dering? ☹️ Udah autobunyi ditambah sering pula. Bahkan bisa 15-20 kali kentut per hari. Itu pun tergantung sama jenis makanan yang dimakan. Misal makan jengkol, yha you know lah atau makan telor, terus cemilannya ubi. Haha Mamam.

Kenapa sih kok ibu hamil jadi kayak lost control di dunia perkentutan? Ternyata alasan ilmiahnya karena ukuran rahim yang membesar membuat ruang gas yang biasanya bisa menampung 500 cc gas / hari jadi mengecil. Makanya semakin besar ukuran rahim maka semakin sempit ruang gasnya akibatnya jadi sering kentut. Gitu. Tapi bukan berarti kamu yang sering kentut jadi tanda-tanda hamil ya? Coba tanya lucinta luna deh 😂 tapi dibalik itu gw masih beruntung jadi ibu hamil yang fulltime di rumah, apakabar ibu hamil yang tetep kerja, gimana malunya coba itu kalo pas lagi kerja dikit-dikit kentut, ya kalo gak bau, kalo bau? 😂 

2. SERING BAK

Nah, ini sih penyebabnya sama ya kayak sering kentut. Ukuran rahim yang membesar akan menekan kandung kemih yang ada disebelahnya. Derita ibu hamil adalah bolak-balik kamar mandi, mau pagi, siang, sore, malem, tengah malem ga ada urusan. Bisa 5 menit sekali, bisa 10 menit sekali. Bagi yang muslim, pasti berasa banget rempongnya kalo mau solat. Misal, gw sebelum wudhu udah pipis nih, terus ambil wudhu, ditengah-tengah sesi berwudhu eh kentut. Oke ulang. Setengah perjalanan, eh pengen pipis. Oke pipis dulu, ulang lagi wudhunya. Udah beres nih, jalan ke kamar solat, belom sampe udah kentut di jalan. Oke, wudhu LAGI. Udah beres, jalan lagi ke kamar solat, pake mukena, pas mau takbir, eh kentut 😭 copot mukena, WUDHU LAGI. Udah nih wudhu, solat, eh belom selesai solat udah pengen pipis lagi. Hhhhhh. Tapi ya gimana, namanya pengen pipis pasti gak bisa ditahan. Malah bahaya banget lho nahan pipis buat ibu hamil, bisa kena infeksi saluran kemih. Aduh serem. Jadi ya dinikmati aja, sering pipis gapapa daripada gak bisa pipis ya kan? 

3. MABOK

Soal mabok, gw kenyang. 3 bulan bedrest total, kaga ngapa-ngapain gw cuma bisa goleran di kasur, makan di kasur, cuma berdiri kalo mau ke kamar mandi. Faedahnya adalah gw ngabisin One Piece dari episode 1 sampe 700 an. Maboknya? Uwohohooo gw sampe musuhan sama babang tahu bulat. Setiap babang itu lewat pasti gw muntah hebat. Jadi sampe sekarang gw benci banget babang tahu bulat. Apalagi? Oya bawang. Setiap ibu gw masak, gw muntah. Bau tumisan bawang itu gak enak banget dan baru itu gw nyium bau yang bikin semual itu dari seonggok bawang digoreng 😭 jadi tiap hari gw muntah. Babang tekwan lewat kan kecium tuh bau kuahnya, gw muntah. Pas udah gak mabok, test mental naek motor berdua suami. Setiap ngelewatin babang nasi goreng, gw muntah. Di motor bawa bekel kantong kresek dong 😂 Pokoknya kantong kresek itu dah kayak barang wajib gw pegang dan dibawa kemana pun. Kantong kresek is lyfe.

4. SERBA SALAH

Duduk salah, rebahan salah, miring kanan susah, miring kiri engap, berdiri gak kuat, tengkurep? Haha. Gw dulu sampe lupa rasanya tengkurep asli.  Mau rebahan kudu bontot bantal banyak buat ganjel punggung. Belom lagi betis yang tiba-tiba ngenyut jadi kudu ambil bantal lagi buat ganjel kaki. Boro - boro bobok dikelonin suamik, diri sendiri aja rempong gak udah-udah 😂 Pas udah pewe, tiba-tiba kebelet pipis hahaha. Ulang lagi dari awal 😂

5. LEMAH dan LEMAK

Ngomong-ngomong soal lemah, gw pernah mau pingsan di pasar gara-gara kelamaan nungguin ibu gw milih cabe, bawang dan kawan-kawan. Posisi berdiri, karena gw gak pernah pingsan (eh pernah dulu sekali pas jatoh dari pohon jambu wkwk) jafi gw gak tau ini kenapa kok orang-orang jadi bertaburan bintang-bintang. Tiap liat orang kok banyak bintangnya, abis itu eh gelep eh terang lagi. Wah pingsan ini, iya nih aduh. Langsung aja ini mulut spontan bilang "Ibu, aku mau pingsan yah? Kok geleb ya?" haha. Langsung ditarik sama ibu dan tukang jualan sayur, dibawa ke dalem toko di kasih kursi sama minyak kayu putih. Abis itu ibu pergi cari minum. Ya Allah abis itu gak boleh ke pasar sama suami hahahaha.

Makanya sedih banget pas dulu lagi hamil terus lagi viral soal cewe yang hujat ibu hamil di KRL. Kasihan. Perut ibu hamil itu berproses gak langsung melendung gede, jadi kalo ada yang bilang dia hamil tapi perut gak keliatan buncit tolonglah kasih tempat duduk. Heran loh, cewe ke sesama cewe kok kejem banget. Kamu jangan gitu ya?
Nah, kalo soal lemak gausah diperjelas ya. Biasa ukuran M bisa jadi XXL. Baju rumah semua ganti jadi daster, atau pake kaos suami yang guede baru enakeun. Gimana gak nyantol itu lemak, mau merem laper, ditengah-tengah tidur laper, bangun tidur aja laper. Haha.

Oke segitu aja deh yang bisa ditulis tentang kehamilan, walaupun tiap ibu berbeda-beda keluhan tapi itu mungkin garis besarnya aja yah. Nanti kamu juga pasti tau dengan detail gimana serunya waktu hamil. Buat yang cowo, ini sebagai informasi aja. Gak ada yang dilebih-lebihkan sih ini murni pengalaman gw sendiri.

Hamil itu menyenangkan, seru, dan lucu. Tapi keluhan-keluhan tetep harus dipantau sama tenaga kesehatan ya. Kalo dirasa udah ganggu aktivitas mah udah gak lucu lagi dong ya ehehe. Yuk yang sudah hamil boleh di-share cerita lucunya di kolom komentar..



Salam mamak2 anak satu ❤️

2 komentar:

  1. once aku benci banget sama temen deketku yg hamil soalnya dia ngentutan tak tertahankan. sungguh aku benciiii banget soalnya kan klo lagi pulang bareng di mobil berdua aja, mau buka jendela kadang sungkan. lama2 aku bilang sama dia, AKU TU BENCI BANGET sama kamu. Kamu hamilnya ngentutan.

    not too long after that, aku pun hamil. tapi ga ngentutan.
    cuma jadi tau kenapa bisa benci banget sama temen sendiri :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalo bisa ditahan mah ditahan tauk. Tapi gimana dehh..emang gak bisa wkwk

      Waahh. Enak bgt ga ngentutan haha tapi emang beda2 si ya tiap ibu hamil ehehe

      Delete

kalo ada komentar yang bisa memunculkan amarah emosi jiwa raga nusa dan bangsa, jangan marah ya kalo dihapus. boleh juga tulis ide kalian untuk postingan berikutnya di sini.