Pesan sebelum menikah

Halooooh.. Bagaimana kabar blog kamu? Sehat? Hahaha
Kangen ya nulis, tapi antara kangen sama malesnya banyakan malesnya. Gimana nih sobat blogger? Apa udah gak jaman ya nulis - nulis di blog. Enakan di instastory ya? Hihi

Enaknya bahas apa nih, kayaknya yang lagi enak dibahas soal nikah, nih. Hayuk sini mumpung yang nulis sudah nikah dan sudah beranak. Mari merapat 😂
Eh apakah di sini sudah ada yang pernah ngikutin blogku dari jaman gadis dan galau-galau gak jelas? Haha kalo iya, boleh dong minta komentarnya yah apa perbedaan tulisanku ketika belum dan sesudah menikah. Hehe.

Baik, ehem. Soal nikah, saran pertama adalah diniatkan betul - betul itu adalah kemauan sendiri. Hatimu sendiri. Singkirkan semua perkataan orang lain, sekali pun itu orang tuamu sendiri. Karena yang menjalani hidup adalah kamu sendiri. Jangan dikira menikah adalah happy ending seperti layaknya ftv atau drama percintaan. Jangan dikira menikah itu semanis postingan orang atau akun - akun berlabelkan 'hijrah'. BIG NO! jangan menikah dulu mendingan deh.

Kedua, pastikan ketika hatimu memilih 'ya, ayo kita nikah' itu sudah melewati isi kepala ya. Jangan iya hayuk lah nikah we kita yuk tapi calonnya belum nabung. Yah jangan dong kasian anak orang hahaha
Urusan finansial harus tetap diutamakan. Hidup tak makan cinta itu benar. Tapi juga dalam pernikahan tentu butuh cinta dan juga pengorbanan. Berat banget gw ngomong ini ya hahahaha 

Ketiga, jangan ikuti arus pamer. Nikah itu intinya adalah SAH. Syarat sah nikah cari di google sekalian baca-baca gih. Menikahlah sesuai budget, supaya tidak ada hutang setelahnya. Jika tabungan banyak, tidak masalah bermevvah-mevvahan. Jika tabungan hanya cukup untuk acara sederhana juga tidak masalah, lho. Yang penting adalah menjamu tamu dengan baik. Urusan teknis acara itu lebih penting ketimbang instagramable. Ini pengalaman ya, kamu harus susun betul-betul panitia untuk mengordinir acara. Pengalamanku dulu lemot di kang make up. Jadi semua ikut kena imbasnya. Huhu cedih. Intinya vendor harus sesuai budget. Abisin duit buat sehari asli lancar banget sobat 😂

Ke empat, menikah karena memang sudah waktunya untuk menikah. Yang tau kapan waktunya cuma kamu. Jadi, ketika kamu sudah menikah muda jangan menganggap yang belum menikah itu tidak sebaik kamu. Atau sebaliknya, ketika saat ini kamu belum menikah, jangan menganggap yang sudah menikah tidak sebaik kamu. Pilihan baik atau tidaknya hidup seseorang hanya dia yang merasakan. Ketika perjalanan hidupmu dirasa sudah cukup untuk dibagi sendirian, menikahlah.

Ke lima, pesanku sebagai seorang perempuan yaitu pastikan kamu sudah berdamai dengan dirimu sendiri. Menikah artinya kamu akan menjadi pengurus rumah tangga. Panas dinginnya hawa rumah ada di hatimu. Jika kamu marah, rumah sepi. Jika kamu gembira, rumah hangat. Hatimu harus kuat, jika dirasa lelah segera peluk suami. Charge your soul.
Ada lagi, siapkan mental dan bacaan soal parenting jika suatu saat kamu dipercaya oleh Allah untuk mengandung dan melahirkan. Sosok manusia lahir dari rahimmu, maka bertambah pula tugas dunia. Yakinkan pada diri sendiri bahwa jika kamu mengandung artinya Tuhan menitipkan dan percaya bahwa kamu bisa merawatnya. Jangan sia-siakan itu karena rejeki anak tidak ternilai, tak bisa dibeli. Yang sudah jadi ibu, mana suaranya? Hihi

Terakhir, jika kamu seorang laki-laki. Kamu adalah pemimpin, latih dirimu dalam mengambil keputusan. Kamu akan selalu diandalkan  juga artinya kamu harus banyak berkorban. Jika lelah segera peluk istrimu. Everything will be okay. Kamu pasti akan bangkit lagi 😊

Mungkin itu saja yah, yang pasti menikah itu urusan berdua. Setelah menikah jangan tutup diri karena persahabatan tetap harus terjalin. Jangan salah lho, menikah itu memperluas rejeki. Karena jadi banyak silaturahim, banyak kenalan. Dan dari situ rejeki bisa datang. Datangi pernikahan teman, jangan takut ditanya kapan nikah. Woles aja 😂
Yang mau nikah sini beli souvenir di aku @kalsouvenir di instagram ya hahaha ya Allah gua sempet promosi *digebuk nitijen*

Btw thanks ya sudah mampir 😘

Yang sudah menikah boleh sharing atau menambahkan di kolom komentar yahh

2 komentar:

kalo ada komentar yang bisa memunculkan amarah emosi jiwa raga nusa dan bangsa, jangan marah ya kalo dihapus. boleh juga tulis ide kalian untuk postingan berikutnya di sini.